Tombol dan otak

Perhatikan gambar berikut:

Shift key

Gambar di atas adalah sebuah foto dari tombol Shift di keyboard komputer. Sekarang perhatikan gambar berikut:

Close buttonKalau gambar sebelumnya merupakan foto dari sebuah objek nyata (fisik) yaitu keyboard, gambar di atas merupakan “tombol bohongan” di layar komputer. Meskipun bukan benda nyata, tapi kita tetap bisa menangkap bahwa gambar itu adalah gambar tombol. Ada gradien dan bayangan unyu-unyu yang seolah-olah berkata kepada kita, “Saya tombol, saya bisa diklik lho!” Tapi grafik di komputer zaman dahulu tidak sekaya itu, tidak mudah membuat gradien dan bayangan ketika layar komputer cuma bisa menampilkan 8 warna. Tapi coba perhatikan gambar berikut:

OK buttonGambar itu masih berteriak, “Saya bisa diklik lho,” meskipun kalau kita perhatikan baik-baik, zoom sampai sepuluh kali lipat, kita dapat melihat bahwa gambar di atas hanya terdiri atas tiga warna: hitam, putih, dan satu shade abu-abu. Kalau boleh dibilang (jelas boleh, kan gambar itu buatan saya sendiri), gambar itu sebenarnya cuma dua garis hitam, dua garis putih, dan (garis-garis hitam yang membentuk) tulisan “OK”. Dan bahkan garis-garis tersebut tebalnya hanya satu pixel! Tapi mengapa kita bisa mengerti kalau gambar itu merepresentasikan sebuah tombol?

Itulah hebatnya otak manusia. Kita bisa melakukan penyederhanaan dari benda nyata menjadi suatu model yang tetap kita mengerti maksudnya. Contoh lainnya adalah gambar stick figure yang meskipun cuma lima garis dan satu lingkaran tetap bisa kita anggap sebagai manusia. Otak manusia bisa mengisi detail yang hilang dari gambar tersebut dari ingatan dan imajinasi.

Nah, coba pikirkan, kalau empat garis saja bisa kita anggap tombol, rasanya tidak mengherankan kalau siluet ranting pohon bisa kita kira hantu, bayangan gelap di sebuah foto langit kita kira UFO, bercak air di tembok terlihat seperti wajah tokoh agama tertentu, dan pola bulu kucing terlihat seperti tulisan tertentu dalam huruf Arab.

Iklan

2 thoughts on “Tombol dan otak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s