Bahasa atau Indonesian?

Saya sering heran dalam penggunaan nama Bahasa Indonesia dalam percakapan Bahasa Inggris. Bahasa Indonesia seringkali disebut “Bahasa”. Misalnya seseorang bertanya, “Do you speak Bahasa?” Saya bingung dengan penyebutan ini. Jika dikonversikan secara literal, sama saja dengan seseorang yang bertanya dalam bahasa Indonesia sehari-hari, “Kamu ngerti Language nggak?”

Bukankah kalau kita bercakap dalam Bahasa Indonesia, kita akan berkata, “Kamu ngerti Bahasa Inggris nggak?” Kalau begitu bukankah seharusnya dalam Bahasa Inggris kita bertanya, “Do you speak Indonesian?” Bukankah dalam Bahasa Inggris pun jika kita ingin menanyakan Bahasa Spanyol kita akan berkata, “Do you speak Spanish?” dan bukannya “Do you speak Español?” atau “Do you speak Lengua?” (“lengua” = “bahasa” dalam Bahasa Spanyol).

Ataukah bahasa kita terlalu arogan, sehingga memaksa bahasa lain (dalam hal ini Bahasa Inggris) untuk menggunakan kata “Bahasa” dalam kosakata mereka, dan mengubah tata bahasa mereka khusus untuk nama Bahasa Indonesia? Jika iya, memalukan sekali mengingat sangat sedikit orang Indonesia yang menguasai Bahasa Indonesia dengan baik. Bahkan nilai Ujian Nasional tingkat SMA rata-rata jatuh di mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Jadi bagaimana seharusnya yang benar:

“Do you speak Indonesian?”

atau

“Do you speak Bahasa?”

Iklan

6 thoughts on “Bahasa atau Indonesian?

  1. lutphi

    do you speak indonesiaaan
    :D
    btw, ini tema blognya namanya apakah ya?
    (ato bikin sendiri)
    *mirip ama note-nya iphone

    *lutfi (yg dl sesama kalkulus 9)

    Balas
  2. Satrio Adi Rukmono Penulis Tulisan

    Copas dari percakapan di FB, sekedar berbagi info:

    Eko Wibowo: Bahasa itu refer ke melayu yang dipake malaysia, well, gua juga prefer indonesian language, krn bhs kita beda ma mereka

    Satrio Adi Rukmono: ouu.. jadi kalo bahasa melayu ga ada namanya dalam bahasa inggris, sehingga pake nama “bahasa” gitu ya? setuju, bahasa kita beda, jadi kayanya sih lebih tepat indonesian :D

    Eko Wibowo: tergantung culture inggrisnya juga kali ya, kalo di oxford sih ada 2, bahasa indonesia ma bahasa malaysia, ga ada yang cuma “bahasa”

    Satrio Adi Rukmono: hoo.. thx, nice info :thumbs:

    Balas
  3. herlily

    “do you speak indonesia?”

    most of the bule do not know that bahasa means language. they immediately regret right after i told them that bahasa means language in indonesian.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s