“Don’t reinvent the wheel,” katamu?

Akhirnya, post yang bukan [II3062]. Hehehe… Inspirasi dari sini.

Betapa seringnya kita mendengar pepatah “don’t reinvent the wheel.” Pepatah ini mengajak kita untuk tidak membuang waktu melakukan yang tidak perlu, seperti reinventing the wheel (saya tidak menemukan padanan yang pas dalam bahasa Indonesia). Dalam dunia informatika mungkin bisa diproyeksikan dalam hal code reusability, yaitu menggunakan modul yang sudah ada dan tidak perlu membuat ulang suatu modul jika sebelumnya sudah ada.

Namun apa benar kita tidak perlu reinvent the wheel? Sepertinya tidak selalu. Coba saja cari video di Youtube tentang Theo Jansen. Ia tidak hanya reinventing the wheel, tapi juga melakukannya dengan keren! :)

Contoh lain, mungkin kebutuhan akan roda terlalu sederhana untuk di-reinvent, tapi bagaimana dengan sayap? Kita lihat saja, secara alami maupun buatan, ada begitu banyak macam sayap yang berbeda, namun tujuannya sama: menghasilkan gaya untuk mengangkat sebuah massa. Contohnya, sayap pterodactyl, sayap unggas, sayap kelelawar, sayap lebah, “sayap” lumba-lumba yang memungkinkannya “terbang” di air, sayap pesawat terbang, “sayap” (baling-baling) helikopter… Mungkin masih banyak lagi.

Setiap sayap tersebut berbeda bentuknya, sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja, sayap lebah dirancang untuk bisa mengepak ribuan kali per detik agar dapat mengangkat tubuh lebah yang sangaaaat besar jika dibandingkan dengan sayapnya. Bayangkan jika misalnya alam tidak reinventing the wing dan seekor burung memiliki sayap seperti lebah. Kacau bukan?

Kesimpulannya, kita tidak selalu harus mematuhi “don’t reinvent the wheel.” Bahkan terkadang jika kita terpaku dengan pepatah tersebut, kreativitas kita akan terhambat. Terkadang kita perlu reinventing the wheel! :)

Iklan

4 thoughts on ““Don’t reinvent the wheel,” katamu?

  1. KuRO TIdur

    Kata ini sangat Indah untuk dibaca, dan dihayati…apa makna (?) dari itu semua..
    kata ini sendiri sy baca dari majalah tentang seorang Ilmuan rocket..bernama Von Braun..memberi nasihat kepada kawannya..RJ.Salatun…(ketua LAPAN)…

    Balas
    1. Satrio Adi Rukmono Penulis Tulisan

      mungkin saya yang lemot atau gimana, tapi komentar ini maksudnya apa ya? apa yg dimaksud dengan “kata ini”? komentar ini bertanya atau cuma ngasih tau? kalo bertanya, sebenarnya yg ditanyakan apa ya?

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s