[II3062] Tap Tap

Okeeee… Tugas KI selanjutnya, mencoba-coba Wireshark untuk menghitung besar paket dalam satu sesi Gmail atau Facebook. Tentu saja saya memilih Gmail; satu sesi adalah login, membuka sebuah email, kembali ke inbox, kemudian logout.

Caranya? Buka Wireshark. Lalu, pasang filter. Nah, karena saya online di kampus (ada proxy) jadi perlu sedikit trik… Karena semua paket yang kena proxy datangnya dari 167.205.22.***, maka perlu filter demikian: host 167.205.34.*** and host 167.205.22.***. (167.205.34.*** adalah alamat IP saya). Selain itu, semua koneksi selain Gmail harus ditutup agar paket yang lewat hanya yang untuk keperluan Gmail.

Selanjutnya, karena saya online menggunakan WLAN, matikan promiscuous mode. Entah kenapa, tapi menurut situsnya, matikan mode ini jika menggunakan WLAN.

Inilah options yang saya gunakan:

Options

Selanjutnya, proses capturing:

Capturing

Akhirnya, statistics setelah proses “penyadapan”:

Statistics

Ternyata, total besar paket adalah 1,165,513 byte dengan rata-rata ukuran paket 714.162 byte.

Tinggalkan Balasan

