Saudara

Tadi malam, setelah nonton Avatar 3D untuk kedua kalinya, saya pun makan malam di suatu tempat di bilangan Pasar Minggu. Suasana makan malam ditemani oleh suara radio entah apa. Ada yang menarik dari perkataan di radio itu.

Dikatakan, asal kata saudara dalam bahasa Indonesia adalah seudara atau satu udara, yang berarti menghirup udara yang sama. Mendengar fakta itu, saya pun merenung. Kembali ke masa lalu, mungkin ketika istilah saudara pertama kali diucapkan, mungkin orang-orang pada waktu itu menganggap orang-orang terdekat masih menghirup udara yang sama, sedangkan orang-orang yang jauh, misalnya tinggal di desa atau kota yang berbeda, menghirup udara yang berbeda dari yang mereka hirup, sehingga lahirlah kata saudara itu.

Namun di masa modern ini, ada sebuah teori yang dikemukakan, yaitu bahwa semua orang pernah menghirup udara yang sama akibat adanya siklus udara. Hal inilah yang mendorong timbulnya istilah “menghirup udara yang sama dengan yang dihirup Firaun” di dunia barat. Hal ini memang belum terbukti dan rasanya sulit untuk dibuktikan, namun jika benar, implikasinya sangat besar: dalam ontologi bahasa Indonesia, semua orang di dunia bersaudara karena semua menghirup udara yang sama. Bukankah memang demikian? Bukankah memang kita semua bersaudara?

Mari jauhkan segala perbedaan yang ada di antara kita, entah itu ras, agama, atau apa pun, sebab kita semua bersaudara! Sebentar lagi tahun baru, mari jadikan tahun 2010 tahun yang penuh damai, karena kita semua bersaudara!

Iklan

7 thoughts on “Saudara

  1. occ - oot

    waaah,,
    mama saya saudara saya >.<
    bukan yak?
    o iyaa,, saudari saya dink -__-"

    maap numpang nyampah..
    lg ga ada kerjaan..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s