Avatar: critiques

Kemarin baru saja nonton film Avatar 3D di Ciwalk. Puas lah nonton film 3D berdurasi kira-kira 2,5 jam dengan efek yang mantap dan cerita yang lumayan. Pada post berangkai kali ini saya mencoba memaparkan sedikit kritik saya terhadap detail pada film ini, dilanjutkan dengan pelajaran yang dapat dipetik dari cerita pada film ini.

Saya mulai dengan kritik. Melihat makhluk-makhluk di Pandora pada film ini mengingatkan saya pada game SPORE. Namun sayangnya bagi saya detail dari makhluk-makhluk ini ada yang mengganjal. Pertama, hampir semua hewan tingkat tinggi pada film ini memiliki enam tungkai, seperti pa’li — hewan mirip kuda berkaki enam, angtsik — hewan mirip badak berkepala martil berkaki enam, maupun hewan mirip monyet bertangan empat dan berkaki dua. Namun anehnya na’vi — makhluk cerdas yang humanoid, hanya memiliki empat tungkai: dua tangan dan dua kaki.

Kedua, saya agak terganggu dengan adanya hewan-hewan yang terlalu mirip dengan hewan bumi. Misalnya pa’li, hewan yang ditunggangi para na’vi, yang terlalu mirip dengan kuda. Di planet yang sangat jauh dari bumi, mengapa ada hewan yang begitu mirip dengan hewan bumi dengan fungsi yang sama (transportasi)? Contoh kedua adalah nantang, hewan yang terlalu mirip dengan serigala, yang juga liar dan berburu dalam kelompok.

Ketiga, mengenai organ tubuh hewan-hewan di Pandora yang memungkinkan terjalinnya “ikatan” antara mereka, organ yang berbentuk semacam sulur yang tumbuh dari kepala. Hampir semua hewan di Pandora memiliki sepasang sulur tersebut di kepalanya, kecuali setidaknya satu spesies: lagi-lagi na’vi. Na’vi hanya memiliki satu sulur di kepalanya. Sepertinya planet ini memiliki rantai evolusi yang sangat aneh.

Cukup sekian kritiknya, bagi saya hanya hal-hal di atas yang mengganggu film ini. Post selanjutnya berisi pelajaran yang dapat dipetik dari film Avatar.

Iklan

8 thoughts on “Avatar: critiques

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s