Full Circle

Judul post ini adalah judul album terbaru Creed, yang dirilis pada tanggal 26 Oktober yang lalu, lebih cepat sehari dari yang direncanakan. Post ini membahas tentang album tersebut.

Creed adalah band rock yang berdiri pada tahun 1995. Singkat kata, suatu hari di tahun 2004, kelakuan vokalis Scott Stapp membuat Creed bubar. Namun April 2009, Creed mengumumkan reuni, meskipun sebelumnya gitaris Mark Tremonti pernah menyatakan bahwa Creed tidak akan bergabung kembali, bahkan ia tak ingin lagi mendengar atau memainkan lagu-lagu Creed. Namun sepertinya Stapp berhasil meyakinkan bahwa ia benar-benar “bertobat” sehingga Creed pun bergabung kembali. Hore!

Lanjut ke album Full Circle. Judul album ini menggambarkan bahwa kini Creed kembali dalam formasi lengkap, termasuk bassist Brian Marshall yang sempat hengkang dari Creed pada tahun 2000 dan drummer Scott Philips. Dalam album ini terdapat 12 lagu termasuk dua single, yaitu Overcome dan Rain, serta title track, Full Circle. Bonus track Silent Teacher disertakan pada versi iTunes pre-order.

Saya telah mendengarkan kedua belas lagu dalam Full Circle (tidak termasuk Silent Teacher) dan inilah pendapat saya. Pertama, secara teknis, lagu-lagu dalam album ini memiliki warna yang berbeda dari album-album sebelumnya. Bukan berarti lebih bagus atau lebih jelek, tapi berbeda. Selanjutnya dari segi lirik. Lirik seluruh lagu dalam album ini menceritakan masa lalu Creed, terutama vokalis Scott Stapp, kejatuhannya, dan kini kebangkitannya. Betapa ia menyesali masa lalunya, dan berharap orang-orang tidak lagi menilai dirinya dari masa lalunya. Dari segi lirik, berbeda jauh dari album-album sebelumnya yang sebagian memuat nilai-nilai “kekristenan” atau sering disebut messianic. Lirik-lirik pada album ini tidak lagi menimbulkan ambiguitas seperti dulu.

Saya sendiri menilai lagu-lagu tersebut memang bagus dan maknanya dalam, namun tidak cocok untuk konsumsi komersil. Saya rasa kalau publik mendengarkan album ini, kesan yang didapat adalah monoton, dua belas lagu hanya membahas satu masalah. Album ini lebih cocok untuk penggemar Creed yang antusias terhadap kondisi internal Creed, terutama Scott Stapp.

Secara umum, album ini saya beri nilai 7/10, dengan perbandingan album pertama (My Own Prison) 8/10 dan kedua album selanjutnya (Human Clay dan Weathered) 9/10. Kalau album The Best of Creed pasti 10/10 lah ya..

drummer Scott Philips
Iklan

6 thoughts on “Full Circle

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s