exFAT

Ketika hendak melakukan format pada flash drive (yang benar flash drive, bukan flash disk. Disk: something with a round shape resembling a flat circular plate) di Windows 7 beberapa hari yang lalu, saya melihat pilihan file system yang berbeda. Selain FAT, FAT32, dan NTFS, ada juga pilihan exFAT. Apa sih exFAT itu?

exFAT adalah file system besutan Microsoft yang dioptimasi untuk flash drive. Awalnya diperkenalkan untuk Windows CE 6.0, kemudian Windows Vista SP1, Windows XP SP2, dan Windows 7. Untuk Linux, modul kernel yang bersifat open source masih dalam tahap eksperimental, namun sudah ada driver exFAT yang sifatnya closed source.

exFAT umumnya digunakan ketika penggunaan NTFS tidak dimungkinkan, namun versi lama dari FAT tidak mencukupi.

Fitur-fitur exFAT antara lain:

  • Ukuran file dapat mencapai 127 PiB (Pebibyte) atau sekitar 133 169 152 GB. Bandingkan dengan FAT32 yang hanya 4 GB minus satu byte, NTFS yang hingga 16 EiB (Exbibyte).
  • Satu direktori dapat menampung 2 796 202 file.
  • Satu partisi exFAT dapat berukuran hingga 64 ZiB (Zebibyte). Pada FAT32 hanya 2 TB.
  • Nama file maksimum 255 karakter.

Namun exFAT juga tentunya memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

  • Memerlukan Service Pack 2 untuk dapat digunakan pada Windows XP dan 2003 (server) atau Service Pack 1 untuk Windows Vista.
  • Tidak dapat digunakan pada Windows 2000, Me, atau yang lebih lama, serta pada kebanyakan sistem operasi non-Microsoft.
  • Storage dengan format exFAT tidak dapat digunakan untuk ReadyBoost pada Windows Vista, meskipun dapat digunakan pada Windows 7, bahkan lebih leluasa karena batasan ukuran file jauh lebih besar.
  • Microsoft belum merilis spesifikasi resmi exFAT.
Iklan

4 thoughts on “exFAT

  1. wisnu

    thx brother atas pencerahannya…flasdrive ku k*ngstone 8GB dengan format default(FAT32) selalu gagal kirim file copian dari dvd(.iso) yang besarnya lebih dari 4,1 GB. kenapa ya apa ada yang salah sama windows 7 yang ku pake atau ada pengaturan lain yang harus di ubah di dalam windows 7 ku. eh cuma gara2 formatnya toh…tiwas aku mikir sampe kemana2. sekarang flasdrive aq pake format ExFAT dan tidak ada masalah lagi setelah itu hahaha. okey bro moga blogmu semakin bagus dan banyak membantu orang yang kebingungan seperti saya.good luck

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s