Evaluasi Evakuasi

Kemarin terjadi gempa 7,3 skala Richter berpusat di Tasikmalaya, gempa dapat dirasakan hingga Bali dan Sumatra. Di kampus, lebih spesifiknya di Labtek V / Gedung Benny Subianto, terjadi beberapa kerusakan yang untungnya tidak terlalu parah. Yang saya cermati adalah bahkan di ITB (yang katanya berisi orang-orang cerdas), kebanyakan orang terlalu panik dan tidak mengikuti (atau tidak mengetahui) prosedur evakuasi yang benar, sehingga justru meningkatkan resiko cedera.

Memang, selama menjadi mahasiswa ITB, saya juga tidak pernah mendapatkan pelatihan evakuasi bencana. Secara umum saya kira di Indonesia sangat kurang pelatihan evakuasi bencana. Oleh karena itu demi keselamatan diri dan orang lain, alangkah baiknya jika kita mencari sendiri informasi prosedur evakuasi bencana, dan informasikan kepada sebanyak mungkin orang yang kita kenal..

Iklan

8 thoughts on “Evaluasi Evakuasi

  1. petra

    setuju,
    harusnya emang ada poster2 gitu seh :P
    yah tapi kalo udah kejadian biasa naluri yang jalan, bukan logika…
    (gw pas itu keluar tenang2 aja sih :P)

    Balas
    1. rsatrioadi Penulis Tulisan

      tergantung keadaan bie.. misalnya kekuatan meja, posisi meja terhadap dinding, dsb. tapi secara umum lebih aman di bawah meja bie. kalo ga, ga mungkin FEMA menyarankan kaya gitu kan :D

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s