$$$ Jackpot $$$

Bukan, jackpot yang ini tidak berhubungan dengan uang.

Ini tahun keempat saya berkuliah di ITB. Hingga post ini ditulis, sudah tiga kali saya berulang tahun saat berstatus mahasiswa ITB. Kurang dari sebulan lagi, keempat kalinya. Sialnya, atau untungnya, atau apapun lah, ketiga ulang tahun saya sebagai mahasiswa ITB selalu terkena jackpot. Dan lebih sial/untungnya lagi, yang keempat pun akan demikian.

27 September 2006, coba tebak peristiwa akademis apa bagi mahasiswa semester pertama yang paling menyedihkan untuk terjadi berbarengan dengan ulang tahun. UTS pertama sebagai mahasiswa ITB, yaitu UTS kalkulus!! UTS ini berlangsung di gedung yang, berkat Bung Karno sang arsitek, untuk menuju ruangan di lantai tiga, kita harus naik tangga tiga setengah lantai terlebih dahulu, kemudian turun lagi setengah lantai. Penghuni ITB tentu mengenalnya sebagai GKU Barat. Pada kondisi menghadapi UTS pertama, siapa yang ingat dengan ulang tahun sebutir pasir ini?

27 September 2007, tidak terlalu jackpot sebenarnya. Hanya saja waktu kuliah Organisasi dan Arsitektur Komputer, yang mana dosennya sering memanggil mahasiswa secara “random” untuk maju ke depan mengerjakan soal atau menjawab pertanyaan, beberapa teman dengan eM-Te-nya mengkambinghitamkan saya untuk maju ke depan karena sedang ulang tahun. Siapa lah saya ini -___-”

27 September 2008. Ulang tahun yang paling menyedihkan selama ini. Hari Sabtu, libur Lebaran dimulai hari Senin setelahnya. Sayangnya hari Sabtu masih ada kuliah pagi, sehingga tidak bisa langsung melesat ke Depok di hari Jumat sebelumnya. Salah perhitungan karena ternyata kota Depok telah berkembang (dari negara, menjadi kota kecil, dan kini kota besar), rupanya travel Bandung-Depok saat ini sangat diminati. Berkat Titz, akhirnya dapat travel yang masih ada tempat, tapi travel “antah berantah.” Dari Simpang Dago naik angkot bareng Titz hingga dekat pool, turun dan berjalan kaki beberapa puluh meter hanya untuk mendapati spanduk “POOL TRAVEL PINDAH KE” diikuti alamat baru. Sial. Pool baru tidak terlalu dekat, namun tidak cukup jauh untuk ditempuh dengan angkot. Jalan kaki beberapa ratus meter, hujan pula. Naik travel. Lelah. Tidur. Sampai rumah. Lelah. Tidur. Yang lebih menyedihkan lagi, yang mengucapkan selamat ulang tahun pada hari itu (via SMS) hanya Phina, Ayam, dan Endri. Tengah malam pergantian tanggal 27 dengan 28, Adit (cewe lho, jangan tertipu dengan namanya :D). Keempatnya orang yang spesial buat saya: sahabat, dua orang yang mirip dengan saya (salah satunya adik NIM), dan ….. (silakan isi sendiri :P). Setelah itu pada tanggal 28, Restya dan Crupie. Tanggal 29, si kakatua. Memang ulang tahun sebutir pasir tidak perlu diingat.

Begitulah. Selama menjadi mahasiswa, beberapa kali turut menyusun surprise party, namun tidak ada yang membalasnya. Ya jelas lah. Siapa yang ingat ulang tahun sebutir pasir kalau sibuk belajar untuk UTS? Siapa yang ingat ulang tahun sebutir pasir kalau sedang berlibur bersama keluarga? Hingga saya menyimpulkan bahwa saya hidup untuk peduli pada orang lain, tapi tidak untuk dipedulikan.

Yang akan datang, 27 September 2009, semoga ulang tahun terakhir saya sebagai mahasiswa. Berakhir sebagai S.T. tentunya, bukan DO. Kalau yang pertama adalah peristiwa akademik terburuk sebagai mahasiswa semester pertama, sekarang peristiwa akademik terburuk sebagai mahasiswa semester ketujuh untuk terjadi bersamaan dengan ulang tahun: tepat satu hari sebelum deadline proposal Tugas Akhir. Fuh, bakal nggak ada yang ingat lagi nih…

Sisi positifnya sih, jadi selalu terhindar dari kolam Indonesia Tenggelam. Itu saja.

Iklan

10 thoughts on “$$$ Jackpot $$$

  1. ghe2

    cepcep, satrio….
    saya juga ultahnya selalu pas entah UAN (SMP), UAS (SMA), UAS (TPB), sampe dedlen progin (taun ini),, cepcep

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s