[how-to] Tips memesan makanan di tempat yang meragukan

Lapar, ingin makan tetapi semua warung makan yang biasa Anda kunjungi terlalu ramai? Warung makan yang tersisa tampak tidak meyakinkan dan hampir tidak ada yang makan di sana? Takut dengan kondisi makanan, minuman, dan peralatan makan di sana, tetapi tidak ada pilihan lain?

Untuk resiko minimal, ikuti tips berikut:

  1. Jangan pesan minuman, terutama yang dingin. Entah dari mana asal air dan es batu yang digunakan, matang atau tidak. Jika Anda yakin bahwa gelas yang digunakan cukup bersih, boleh pesan minuman panas (tidak hanya hangat), tapi sebisa mungkin jangan pesan minuman. Meskipun matang, belum tentu air yang digunakan bersih. Lebih baik setelah makan Anda mencari warung atau toko yang menjual minuman kemasan yang sudah terjamin (rekomendasi: Aqua).
  2. Pesanlah makanan yang disajikan panas, lebih baik jika disajikan dengan kuah mendidih. Setidaknya kuman-kuman mati karena panas. Sangat tidak direkomendasikan untuk memesan makanan (biasanya sayuran) yang disajikan mentah seperti gado-gado atau pecel. Rekomendasi utama adalah makanan berkuah panas seperti mie rebus, jika tidak ada makanan berkuah panas, rekomendasi selanjutnya adalah nasi goreng, karena semua bahannya dimasak. Mintalah untuk tidak menambahkan acar dan sayuran (tomat, ketimun, dsb) mentah.
  3. Usahakan bawa sendok/garpu sendiri, namun jika terpaksa, usahakan sebisa mungkin untuk hanya menggunakan garpu dari warung tersebut, sebab umumnya garpu lebih jarang masuk mulut dari pada sendok. Jika memungkinkan, mintalah air mendidih dalam sebuah gelas, lalu rendam dulu sendok/garpu dalam air mendidih tersebut untuk membunuh sebagian kuman pada sendok/garpu tersebut.
  4. Jangan berharap. Dari pada Anda kecewa dengan ukuran porsi atau rasa makanan, sebaiknya jangan membuat asumsi apapun (atau buat asumsi terburuk) mengenai kedua hal tersebut.
  5. Ingat, tips ini hanya memperkecil resiko, bukan menghilangkan. Jadi masih ada kemungkinan Anda akan sakit perut. Tetaplah bersiap untuk yang terburuk!

Tadi malam, saya menghadapi situasi di atas ketika hendak makan malam di Gelap Nyawang bersama beberapa teman, dan buktinya, seluruh teman yang tidak mengikuti tips di atas merasa kecewa. Minuman yang rasanya aneh, porsi makanan yang kecil, dan sebagainya. Untunglah saya selalu menanamkan tips di atas dalam benak saya sehingga saya siap menghadapi kondisi tadi malam.

Iklan

5 thoughts on “[how-to] Tips memesan makanan di tempat yang meragukan

  1. puthutp

    ha… biasanya gw makan2 aja…

    yang selalu gw pegang: jangan pesan ayam bakar kalau tidak tahu spesifikasinya.
    karena ada yang jual ayam bakar kecap dan ada yang ayam bakar pedes. keduanya punya basis penggemar berbeda…

    Balas
  2. Captain_kurO

    kalo prasmanan gimana?
    oya warung tegal abadi yg dekat kosanku kemarin gw liat ada: 1. lalat dalam sup, 2. cicak dalam etalase makanan
    Jadi: untuk mengatasi populasi lalat di warungnya mereka melihara cicak :|

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s