Marah ke siapa? Siapa yang salah?

Wow. Banyak sekali kebudayaan Indonesia yang diklaim oleh negara sebelah. Ada batik, reog, lagu Rasa Sayange, tari Pendet. Mungkin ada lagi yang belum ketahuan.

Rakyat marah. Perajin batik rugi berat! Jelas-jelas kota batik itu Pekalongan, di Indonesia. Reog Ponorogo, jelas dari Ponorogo. Coba telusuri lirik asli Rasa Sayange — pasti bahasa Maluku. Kalau mau nonton tari Pendet, pastinya di Bali. Rakyat marah kepada Malaysia!

Coba ditelusuri lagi — apa benar kita harus marah ke Malaysia? Mungkin memang sudah mentalnya begitu, apa daya rakyat suatu bangsa mengubah moral bangsa lain? Tak ada gunanya kita marah pada Malaysia — mereka tidak akan mendengar suara rakyat negeri sumber pembantu rumah tangga!

Kalau kata bung Iqbal Farabi, satu kali, apes. Dua kali, lalai. Tapi hingga tiga kali, empat kali, berkali-kali? Itu namanya tolol.

Salah siapa semua ini? Masih ada yang mau bilang bahwa tidak baik mencari kambing hitam? Kalau kambing hitamnya tidak dicari, kapan hal ini berhenti? Saya menyalahkan pemerintah. Sekarang sudah tahun 2009. Masa hingga kini pemerintah belum punya daftar resmi kebudayaan Indonesia? Di TV saya lihat, pak menteri malah tertawa waktu menanggapi klaim budaya oleh Malaysia ini. Akan dibuat katanya. Akan. Akan. Akan? Kapan?

Wahai pemerintah, dari pada baru mau mulai membuat sekarang, yang pasti masih lama selesainya, belum lagi dana yang dikorupsi, coba kalian perhatikan betapa banyak instansi swasta yang begitu perhatian terhadap hal ini. Coba kunjungi indonesia.travel. Atau budaya-indonesia.org. Berdayakanlah kepedulian itu!

Untuk IF06, saya pernah melempar topik ini di milis ketika KP. Mungkin saat itu waktunya tidak tepat karena semua sedang sibuk KP. Sekarang saya tanyakan, maukah kalian bertindak?

Iklan

4 thoughts on “Marah ke siapa? Siapa yang salah?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s