[how-to] Fitur-fitur tersembunyi Microsoft Paint

Microsoft Paint (atau Paint saja) merupakan salah satu image editor yang sudah cukup tua di dunia digital. Paint sudah ada sejak zaman Windows 1.0, sempat berubah nama menjadi Paintbrush di Windows 3.0 (pertama kali saya menggunakan Paint, dan langsung jatuh cinta), dan hingga versi 6 (Windows Vista), tidak tampak banyak perubahan pada Paint. Paint adalah image editor yang sangat sederhana namun powerful dan hemat resource. Yang kemungkinan besar tidak Anda ketahui adalah banyak fitur tersembunyi dalam Paint (saya menggunakan versi XP sebagai contoh).

1. Brush Scaling

Ada berapa ukuran untuk setiap brush pada Paint? 3? Salah! Jawabannya adalah tak terhingga. Bagaimana caranya? Pilih brush tool, lalu tekan [Ctrl]+[NUM+] untuk memperbesar ukuran brush atau [Ctrl]+[NUM-] untuk memperkecilnya.

Teknik ini juga berlaku untuk airbrush, line, dan kawan-kawan.

Brush scaling pada brush, airbrush, dan line tool.

Brush scaling pada brush, airbrush, dan line tool.

2. Custom Brush

Silakan buat bentuk apapun untuk dijadikan custom brush. Boleh pakai tool apa saja yang ada di Paint. Kemudian buat seleksi pada gambar tersebut pada mode transparan, lalu drag sambil menekan [Shift].

Custom brush.

Custom brush.

3. Stamp Tool

Ada dua cara untuk melakukan stamping, yang pertama menggunakan [Shift]+Click dan yang kedua menggunakan [Ctrl]+Drag.

Untuk cara pertama, buat seleksi pada gambar yang akan dijadikan stamp pada mode transparan, kemudian drag potongan gambar tersebut ke tempat tujuan. Setelah itu klik mouse sambil menekan tombol [Shift]. Coba drag lagi potongan gambar yang masih terseleksi tersebut, voila!

Cara kedua, lakukan hal yang sama dengan custom brush, tetapi gunakan [Ctrl], bukan [Shift].

Stamp tool, hasilnya sama dengan copy-paste tapi lebih cepat

Stamp tool, hasilnya sama dengan copy-paste tapi lebih cepat

Hasil yang diperoleh mirip dengan copy-paste, tetapi lebih cepat dan mudah.

4. One-step Scaling

Saat ingin melakukan scaling gambar di Paint, ada dua cara yang biasa digunakan. Yang pertama adalah buat seleksi kemudian drag kotak-kotak yang berada di sudut-sudut seleksi tersebut, atau menggunakan menu Image | Stretch/Skew… Cara pertama biasanya tidak memberikan hasil yang diinginkan, karena sulit untuk mempertahankan proporsi gambar. Cara kedua terlalu panjang sehingga memperlambat proses.

Ada cara lain yang mudah namun terbatas untuk scaling perpangkatan 2 (…, 1/8, 1/4, 1/2, 1, 2, 4, 8 …) yaitu dengan cara membuat seleksi lalu menekan [Ctrl]+[NUM+] atau [Ctrl]+[NUM-].

One-step scaling, gambar di kiri atas adalah ukuran asli.

One-step scaling, gambar di kiri atas adalah ukuran asli.

5. Color Replacement Tool

Ada sebagian dari gambar yang ingin diganti warnanya. Namun sayangnya ada bagian yang terpisah-pisah sehingga sulit untuk menggunakan fill tool. Bagaimana cara mudahnya?

Pilih eraser tool, kemudian ganti foreground color dengan warna lama (yang akan diganti), dan background color dengan warna baru (pengganti). Lakukan seperti eraser biasa, namun gunakan tombol KANAN mouse.

color-replacement

Color replacement tool.

6. Gridlines

Yang ini bukanlah tool, hanya alat bantu dalam menggambar khususnya yang membutuhkan akurasi pixel. Zoom gambar hingga ukuran 6x ke atas, lalu tekan [Ctrl]+[G] untuk menampilkan gridlines setiap 1×1 pixel.

Gridlines mempermudah akurasi pixel.

Gridlines mempermudah akurasi pixel (lihat gambar pada ukuran penuh/full size untuk lebih jelas).

Sekian dulu pembahasan fitur tersembunyi pada Paint.

Catatan akhir

Beberapa fitur tersembunyi, seperti brush scaling dan color replacement tidak tersembunyi pada versi Windows 3.x, namun justru tersembunyi di versi Windows 95 hingga Vista. Paint pada Windows 7 sangat banyak mengalami perubahan, dan pada versi tersebut saya belum mencoba fitur-fitur tersembunyi di atas, entah ada atau tidak, dan kalau ada, entah tersembunyi atau tidak. Fitur-fitur ini juga terdapat pada versi Windows 7.

Iklan

8 thoughts on “[how-to] Fitur-fitur tersembunyi Microsoft Paint

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s