Topi

Sudah pada tahu dong, kalo saya koleksi topi? Hari ini saya akan membahas tentang topi! Akhirnya!

Topi, kalo saya ga salah, berasal dari istilah Arab[citation needed], topi, yaitu suatu jenis penutup kepala yang dikenal juga dengan istilah taqiyah.

Taqiyah

Taqiyah

Oke, selanjutnya ke bagian-bagian topi. Cukup dengan gambar saja:

parts

Bagian-bagian topi

Lanjut, jenis-jenis topi. Jenis topi ada banyak sekali, kali ini hanya akan saya kupas sedikit, dibagi menjadi dua: yang sudah saya punya dan yang ingin saya punya.

Yang saya punya

Inilah foto saya dengan sepuluh topi saya dipakai bersamaan. Ini belum semua koleksi saya, ada yang tidak saya pakai dan ada juga yang sudah hilang :(

10

10

10

10

  1. Santa Hat, tanpa merk.
  2. Military Cap/Cadet Cap/Flat Top Cap, Eiger.
  3. Fedora, tanpa merk, *anggota terbaru keluarga koleksi saya*.
  4. Fedora, For Men.
  5. Fedora, Borsalino.
  6. Baseball Cap, OSN 2005 Official Merchandise.
  7. Baseball Cap, Microsoft Visual Studio.
  8. Gatsby, Naif Official Merchandise.
  9. Tuque/Ski Cap/Beanie, Eiger.
  10. Balaclava/Ski Mask, Eiger.

Yang ingin saya punya

Wanted!

Wanted!

  1. Porkpie Hat, populer di kalangan musisi jazz.
  2. Akubra, mirip fedora dengan brim yang lebih lebar tapi bukan Cowboy Hat, khas Australia.
  3. Flat Hat, banyak sih yang jual, tapi nyari yang bahannya bagus. TARGET ACCOMPLISHED!
  4. Bowler, susah banget nyari di Indonesia! TARGET ACCOMPLISHED!
  5. Top Hat, macam Gober Bebek atau Willy Wonka. Ada di Trone, tapi mahal T_T
  6. Homburg, di zaman dulu, waktu topi masih menunjukkan tingkatan sosial, posisinya di bawah Top Hat, di atas Fedora dan Bowler. TARGET ACCOMPLISHED!
  7. Blangkon (tidak tergambar), nyari yang dijual di mana ya? Taunya yang disewakan.

Jadi kalau ada yang tahu di mana saya bisa membeli topi-topi tersebut, mohon hubungi saya yaa…

41 thoughts on “Topi

  1. buluk

    bos mau nanya, kalo nyari gatsby/newsboy/touring caps dimana ya?
    rada susah nyari yg itu euy…
    kalo ada info di imel boleng doh bos

    Balas
    1. rsatrioadi Penulis Tulisan

      wah banyak yang nanya gatsby.. saya jawab di sini aja deh.
      kalo di bandung saya taunya di depan BIP sering ada.. di dalem BIPnya juga ada, tokonya namanya Trone, tapi yang di situ adanya gatsby cewe.. kalo di FO-FO malah jarang kayanya.
      kalo di kota lain saya ga tau :p

      Balas
    1. Satrio Adi Rukmono Penulis Tulisan

      Flat waktu itu saya beli di Trone BIP (Bandung), kalo Homburg di Zara PIM (Jakarta).

      Kalo Flat sih di mana-mana banyak yang jual, mulai dari pinggir jalan sampe mall besar, yang susah itu nyari yang bahannya bagus :D

      Kalo Homburg carinya di butik.

      Semoga membantu :)

      Balas
  2. rio

    aku mau tanya…….topi apa ya yang nama nya…..topi nya ada 2 gambar…..1 di bagian crown …1 lagi di bagian visor….tapi di dalem nya…..cepat ya jawab….

    Balas
    1. Satrio Adi Rukmono Penulis Tulisan

      kalo bowler biasanya belinya di butik.. dan harganya agak mahal.

      selain di butik yang pernah saya lihat itu di hardware jeans (PIM, jakarta), toko aksesoris di ciwalk (bandung) yang saya lupa namanya, sama di trone (di bandung ada di BIP, di jakarta ada di plaza semanggi).. selamat berburu :)

      Balas
  3. Yudha

    BowlernyaYgKaya’Apa???AdaDetailnyaGa???
    SayaPunyaBowlerDua,…
    Yg1SamaPersisMaYgDiGambarAnda,Yg1LgBowlerBiasaKaya’YgDijualDiButik².

    SkrPngnNyariLagiYgPersisMaGambar,…TpSusahBgt.
    AdaInfo???Sharing²DonxSesamaKolektor.

    **TolongReplyKeEmailAja

    Balas
  4. hans

    maw nanyaaaaaa itu newsboy cap bli dimana??? di sby ada tp mahal bgt, ad bordiran lg. ak mw ygg ad bordiran.

    Balas
    1. Satrio Adi Rukmono Penulis Tulisan

      Kalo gatsby saya malah berbulu, sampe saya kasih nama Si Beruang :p
      Si Beruang itu official merchandise band Naif, belinya waktu konser.. Kalo yang biasa saya malah belum punya. Kalo tempat belinya silakan periksa komentar2 di atas, sudah pernah saya jawab..

      Balas
        1. Satrio Adi Rukmono Penulis Tulisan

          Di Bandung dulu di BIP, sekarang udah tutup. Di Jakarta saya lupa ada di mana. Tapi barusan saya lihat Facebooknya udah lama ga ada aktivitas… Curiga malah memang udah tutup semua.

          Kalo bowler merah rasanya saya pernah lihat di Hardware Jeans di Pondok Indah Mall, di jembatan antara PIM I dan II.

          Balas
  5. wong-cilik

    Pernah liat penyanyi Januar Arief performe nyanyi di SCTV, pake Top hat, jas dgn kancing terbuka terus bawahnya pake kain batik sambil pegang tongkat…keren habis tuh gayanya…

    Balas
  6. Topi Moris

    Bagi yg berminat topi USA merek STETSON dan AKUBRA AUSTRALIA bisa dapatkan di Payakumbuh….atau liat di FB nama topi moris atau hubungi 08126704242

    Balas
  7. imam

    di mana tuh beli topi fedora yang ada bulu di headband nya?? susah banget nyarinya.. mohon bantuannya..

    Balas
  8. ridwan adikusumah

    Ane ada topi akubra asli australia gan
    Oleh2 dari sodara ga pernah ane pake jadi ane mau jual aja..
    Kalo minat hubungi ane gan..
    Nope 081219119110
    Pin bb 21f41f79

    Balas
  9. Rizqy Maulana

    Ada yg tau situs atau tempat yang jual topi throne headwear engineerinh ga gan ? Makasih sebelumnya gan :))

    Balas

Tinggalkan Balasan

