Prihatin terhadap (beberapa) musisi Indonesia

Di Indonesia, lagu-lagu terkenal karya band besar tidak jarang diubah liriknya untuk iklan komersil sebuah produk. Tidak perlu saya sebut contohnya, pembaca pasti tahu. Bagi saya — yang mungkin bisa disebut idealis seni — ini hal yang sangat memprihatinkan.

Sebuah lagu memiliki nilai seni bukan hanya dari nadanya, tentu saja. Ada aransemen, ada lirik. Bahkan seorang pencipta lagu menentukan nada dasar, itu ada maknanya. Ada soul yang berbeda jika nada dasarnya berbeda. Sebuah lagu menjadi sempurna dengan keseluruhan aspek tersebut. Satu aspek berubah, makna pun berubah.

Ketika lirik lagu diubah, bagi saya analog dengan perumpamaan ini: bayangkan seorang pelukis aliran realis yang melukis suatu pemandangan di siang hari, dengan matahari bersinar cerah, memancarkan cahaya kekuningan. Sekarang bayangkan semua warna kuning di lukisan itu diganti dengan ungu. Cahaya mentari pun tidak lagi kuning, melainkan ungu. Oke, dari beberapa sisi lukisan itu masih bisa dibilang bagus. Namun tentu jadi tidak realis lagi, karena sepengetahuan saya belum pernah matahari bersinar ungu di siang hari.

Begitu juga dengan lirik lagu yang diubah. Tidak sempurna. Lagu yang memiliki lirik dengan makna yang dalam, dirusak dengan lirik iklan. Maknanya jadi rendah sekali, bagi saya. Kerendahan ini terutama karena musisi tersebut tidak punya harga, jika rela merusak karyanya untuk iklan komersil demi uang. Benar-benar rendah.

Saya prihatin dengan musisi yang seperti itu. Lebih baik jika musisi tersebut di-hire untuk membuat jingle khusus iklan itu, dari pada mengubah lirik dari lagu yang sudah ada. Menjijikkan.

Iklan

5 thoughts on “Prihatin terhadap (beberapa) musisi Indonesia

  1. Ryan Nugraha Kurniawan

    sebetulnya di indonesia, iklan yg mengubah lirik lagu yg sdh ada itu tergolong buanyakkk, tapi mereka semua pada bayar royalti ke keluarga si pencipta lagu ybs.. contonya yaa lagu2 buatan pak kasur ama ibu soed, diganti liriknya dlm iklan produk (kebanyakan produk2 yg ditujukan buat anak2 kecil). ya iya lah lagu2 buatan mereka itu lagu anak kecil yg udah umum ama udah ngelegenda, di tiap tk pasti diajarin lah lagu2 itu semua.. namanya juga iklan, buat cari duit/memajukan perusahaan

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s