Rahasia besar: Windows bebas virus?

Sebelumnya, virus di sini merupakan generalisasi — mengacu pada virus, worm, maupun program lain yang merusak.

Akhirnya merasa terdorong untuk membeberkan rahasia membuat OS Windows bebas virus. Tentunya karena OS ini bersifat closed source, maka saya tidak dapat menjamin bebas virus 100%. Namun sebagai perbandingan saya beritahukan bahwa di notebook bermerk Toshiba tipe Satellite A105 S4014 milik saya tidak diinstal antivirus apa pun, dan hingga kini aman-aman saja :D

Untuk dapat membuat Windows “kebal” virus, pertama kita perlu tahu, bagaimana sih virus menyerang? Virus biasanya berbentuk executable file yang akan menyalin dirinya sendiri ke berbagai tempat ketika dirinya dieksekusi. Nah, trik yang perlu kita ketahui adalah bagaimana executable file yang pertama dapat berjalan tanpa diketahui pengguna. Secara umum ada tiga cara:

  1. Menyamarkan diri sebagai berkas yang seolah-olah tak berbahaya, misalnya dengan memberi nama “laporan.doc.exe” plus icon dokumen. Pengguna awam biasanya hanya melihat “laporan.doc” karena default setting Windows. Tanpa rasa bersalah, pengguna pun membuka berkas tersebut yang ternyata sebenarnya adalah virus.
  2. Melalui autorun. Metode ini memanfaatkan fitur untuk membuka berkas tertentu secara otomatis ketika removable storage dipasangkan pada komputer. Dalam Windows, fitur ini diatur oleh program explorer.exe. Virus membajak berkas autorun.inf pada removable storage agar membuka berkas virus tersebut ketika dipasang pada komputer.
  3. Dengan embedded script yang merusak pada halaman web. Perkembangan teknologi web memiliki drawback berupa dimungkinkannya menjalankan suatu executable melalui scripting language.

Setelah mengetahui teknik-teknik ini, berikutnya adalah langkah pencegahan. Sesuai urutan di atas,

  1. Bagian ini benar-benar membutuhkan kehati-hatian pengguna. Gantilah setting pada Windows untuk selalu menampilkan filename secara lengkap agar dapat diketahui, apakah sebuah berkas benar-benar sebuah .doc (atau .jpg atau apa pun), atau sebenarnya .exe yang disamarkan. Untuk tahap ini saya tidak dapat menjamin 100% sebab memang peran pengguna sangat besar.
  2. Nah, di bagian ini saya dapat menjamin hingga 99,9%. Seperti yang telah saya sebutkan, autorun diatur oleh program explorer.exe. Banyak yang mengira explorer.exe adalah program yang wajib berjalan dalam Windows, namun sebenernya tidak. Jika explorer.exe sama sekali tidak berjalan, maka autorun dapat dihindari. Bagaimana supaya explorer.exe tidak perlu berjalan? explorer.exe merupakan shell untuk sistem operasi Windows yang sekaligus berfungsi sebagai file manager. Maka, jika kita menggunakan program alternatif untuk kedua fungsi tersebut, explorer.exe pun tidak diperlukan lagi. Namun jarang ada alternatif yang mencakup kedua fungsi tersebut, jadi kita membutuhkan dua buah program pengganti. Sebagai shell alternatif, saya menyarankan EmergeDesktop, sedangkan untuk file manager saya menyarankan Zeus GFM (baca artikelnya di sini). Jangan lupa untuk menggunakan program alternatif (baik shell maupun file manager) yang tidak menggunakan explorer.exe sebagai core-nya, karena akan percuma.
  3. Gunakan web browser yang aman, seperti Mozilla Firefox. Versi terbaru browser ini telah dilengkapi daftar situs-situs yang berbahaya, dan akan secara otomatis memblok akses ke situs tersebut. Jika ingin lebih aman lagi, gunakan add-on NoScript untuk mengatur berjalannya script dalam setiap halaman web.

Demikian langkah-langkah yang saya lakukan untuk membuat notebook saya aman tanpa perlu menghabiskan resource yang besar untuk antivirus.

Iklan

7 thoughts on “Rahasia besar: Windows bebas virus?

  1. fachrielantera06

    dari dulu tau masalah ini..tapi gak tau gimana selesaikan masalah akses autorun.inf ..hehehe…
    nice post gan :D
    tancap terus

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s