Friendface

Pembaca yang juga penggemar serial TV Inggris IT Crowd pasti mengenal nama Friendface. Dalam serial ini, Friendface merupakan sebuah aplikasi web berupa jejaring sosial, sebuah parodi dari Friendster dan Facebook. Tentunya sebagai penggemar IT Crowd sudah lama saya mengetahui adanya Friendface ini, namun baru sekarang terdorong untuk posting mengenai Friendface. Apalagi setelah adanya tugas besar pertama IF3038 – Pemrograman Internet berupa sebuah aplikasi serupa (meskipun jauuuuh lebih sederhana) bernama Friendsbook.

Jadi begitu saya selesai menonton IT Crowd Season 3 Episode 5, saya langsung googling “Friendface” dan ternyata ada penggemar IT Crowd yang saking freak-nya sampai membuat situs Friendface.org (tentunya ada fansite lain sperti Reynholm Industries, Bluffball, atau Ladyproblems). Nah ternyata Friendface.org itu fully functional dan saya serta beberapa rekan IF06 pun membuat account di situs tersebut.

Fitur-fitur di Friendface antara lain user profile, status, message board yang ekivalen dengan wall di Facebook, dan activities (termasuk friends’ activities). Sayangnya belum ada konfirmasi untuk menambahkan teman, jadi jika kita memilih add friend pada profil seseorang, orang tersebut langsung ditambahkan ke dalam friends list kita. Nampak bahwa Friendface merupakan penyederhanaan dari Facebook, dan pendapat pribadi saya adalah meskipun dimulai sebagai sebuah parodi dari sebuah parodi, bukan tidak mungkin Friendface menjadi aplikasi jejaring sosial yang serius dan besar.

Iklan

4 thoughts on “Friendface

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s