Windows 7 build 7000?

Yah, ini lah versi beta dari Windows 7 yang sudah saya coba… Tanpa basa-basi, langsung saja ke kelebihan dan kekurangannya, dibandingkan dengan Windows XP dan Windows 7 pre-beta yang juga sudah pernah saya coba. Kenapa tidak dengan Vista? Karena saya belum pernah pakai Vista, tentunya. Tentang Vista saya hanya tahu sejauh user interface saja.

Oiya, sebelumnya, pada saat preview Windows 7 (saat itu masih pre-beta) oleh Microsoft, pihak Microsoft bilang bahwa kernel yang digunakan masih sama dengan kernel Windows Vista. Bahkan, versi Windows 7 yang sekarang dirilis adalah versi 6.1.7000, padahal seperti yang kita ketahui bersama, versi Windows ke-6 adalah Windows Vista. Padahal pertama kali dengar tentang Windows 7, yang membuat saya tertarik adalah kernel-nya yang katanya dibuat ulang. Bagaimana dengan yang versi beta ini? Saya tidak tahu.

Oke, pertama kita lihat dari sisi user interface. Tidak jauh berbeda dengan Windows Vista, hanya bertambah lebih banyak lagi eye candy. Adanya fitur-fitur yang semakin tidak penting seperti Aero Peek membuat saya memandang rendah user interface dari Windows 7 ini. Sisi baiknya adalah bug pada style Windows Classic yang terdapat pada versi pre-beta sudah diperbaiki. Selain itu, yang menarik dari user interface di 7 ini hanyalah Superbar yang menggantikan taskbar di versi-versi Windows sebelumnya. Namun, bukan berarti Superbar tidak memiliki kekurangan. Dengan pengaturan default, Superbar benar-benar menghemat ruang di layar secara horizontal – perkembangan yang sangat baik dibandingkan dengan versi-versi Windows sebelumnya. Namun, secara vertikal Superbar ini justru semakin boros saja! Kesimpulan: Microsoft butuh user interface designer baru.

Selanjutnya, kita lihat dari segi kapasitas alias yang berhubungan dengan storage. Windows 7 memakan lebih banyak ruang di harddisk dibandingkan dengan Windows XP. Terlihat jelas, direktori sistem Windows (biasanya C:\Windows) pada Windows 7, fresh install, berukuran 7,15GB, sementara pada Windows XP saya – yang sudah mengalami banyak modifikasi shell dan sudah di-install beberapa visual style tambahan – hanya berukuran 5,20GB. Namun seperti yang saya percaya, di setiap hal (terutama dalam bidang sistem operasi) pasti ada kelebihan dan kekurangan – benar saja, ada perkembangan yang baik di Windows 7 ini berkaitan dengan manajemen user account. Struktur direktori di harddisk untuk menyimpan data yang berkaitan dengan multiple user accounts jauh lebih baik. Salah satunya dapat dilihat demikian: pada era Windows XP, ada isu bahwa Microsoft terlalu boros, sedangkan UNIX terlalu pelit, dari segi penamaan direktori. Contohnya saja, untuk direktori yang menyimpan data dan pengaturan user, pada XP digunakan nama direktori “Documents and Settings”, sedangkan di UNIX hanya “usr”. Nah, pada Windows 7 hal ini diperbaiki menjadi “Users”. Keputusan yang jenius, mengingat sifat Microsoft. Selain itu, struktur direktori di dalam masing-masing direktori user juga lebih baik, ditambah lagi dengan diperkenalkannya direktori virtual, yaitu “Library”. Kesimpulan: benar adanya, bahwa di setiap hal (terutama dalam bidang sistem operasi) pasti ada kelebihan dan kekurangan.

Ketiga, performance. Manajemen memory di 7 lebih baik dari sebelumnya, terlihat dari konsumsi resource yang relatif kecil mengingat banyaknya eye candy yang berjalan. Sejauh yang saya lihat, saya baru bisa bicara demikian mengenai performance. Kesimpulan: bagus, bagus…

Terakhir, mengenai program bawaan yang bukan bagian dari sistem operasi. Saya kagum dengan perkembangan calc dan mspaint. Pada calc, akhirnya ada mode baru: mode programmer. Ini yang dibutuhkan sejak dulu, bukan?! Sedangkan di mspaint, sebagai penggemar mspaint saya ingin berkata: akhirnya ada upgrade yang berarti di mspaint sejak versi pertama muncul! Mspaint menjadi lebih advanced, dengan adanya tool-tool baru. Namun, tetap tidak menghilangkan bagian yang menjadi daya tarik bagi penggemar mspaint, yaitu kesederhanaan dan kemudahan. Mspaint tidak ditujukan sebagai editor gambar untuk manipulasi foto seperti Photoshop ataupun desain grafis vektor seperti CorelDRAW. Kesederhanaannya lah yang menggugah kami :D. Namun, lagi-lagi tetap ada kekurangan. Ingat Solitaire, Minesweeper, dan game-game kecil pembunuh waktu dari Microsoft? Menurut saya pribadi, game-game kecil seperti itu sebaiknya dibuat ringan, cepat, tanpa eye candy ataupun visual effects yang berlebihan. Namun, itulah kata yang tepat untuk menggambarkan game-game kecil di 7: BERLEBIHAN. Kesimpulan: lagi-lagi masalah designer

Iklan

9 thoughts on “Windows 7 build 7000?

  1. rsatrioadi Penulis Tulisan

    @kanwil
    ya nggak lah..
    versi rilisnya kan emang bakal versi 7.
    windows 1
    windows 2
    windows 3
    windows 4 == windows 95
    windows 4.10 == windows 98
    windows 4.90 == windows me
    windows 5 == windows 2000
    windows 5.1 == windows xp, windows server 2003
    windows 6 == windows vista, windows server 2008
    windows 7
    tapi yang beta masih 6.1

    Balas
  2. Ping balik: Windows 7 build 7000? « Sister..Sister..Sister..

  3. monmon

    @kuro
    hal yang sama saat gw dgr windows7…. hooooo… gt toh…..

    @rsatrioadi
    aero peek tuh apa ya??? kaya apa tuh? udh nyoba yang menggetarkan mouse itu blm? yang fungsinya kaya minimize halaman laen itu tuh… kepake ga y?

    Balas
  4. Oz

    tapi ilang windows movie makernya :(

    designernya loe aja sat :D

    bagus juga si microsoft kasih nama windows 7 (should be perfect, huh… berat banget nama yang disandangnya)

    Balas
  5. rsatrioadi Penulis Tulisan

    @monmon
    menurut gw sih tolol banget itu ngasih fitur yang berguna tapi cuma bisa diaktifkan pake mouse. kalo pake touchpad aja susah nge-shake window-nya. parah lah, pada ga belajar IMK kayanya orang2 microsoft.

    @oscar
    ckckck… no OS will ever be perfect.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s