Sepedaku hilang

“I want to ride my bicycle,
I want to ride my bike..
I want to ride my bicycle,
I want to ride it where I like..”
[Queen – Bicycle Race]

PROLOG

Kini aku tak dapat menyanyikan lagu itu lagi… Karena sepedaku telah hilang. Merk United, warna batang biru-putih, warna spatbor merah, rantai karatan, dan pedal kiri yang patah – sepeda ini baru satu tahun menemani hari-hariku di ITB. Sepeda yang menjadi kebanggaanku, suatu resolusi tahun 2008 yang lalu – aku ingin hidup sehat dan peduli lingkungan. Resolusi yang cukup berhasil di tahun 2008 lalu.

Sepeda ini biasanya ku parkir di parkiran motor bank Niaga, pada jam kerja. Selain jam kerja, seperti saat libur ini, aku selalu memarkirnya di dekat sekretariat HMIF. Sudah sering sekali aku parkir di sana, sebelumnya tak pernah bermasalah. Namun kini semuanya berbeda..

KRONOLOGI

Kemarin (20/1) aku datang ke kampus di sore hari, sekitar pukul 15.00. Aku ke kampus untuk menemui Pak Imam, untuk berdiskusi perihal nilai IF3097 – Jaringan Komputer – ku. Namun di kampus kemarin tak ku jumpa dirinya, maka aku pun pergi labdas 3 untuk browsing. Tak terasa waktu menunjukkan pukul 20.30. Aku pun turun untuk pulang. Namun apa yang ku lihat? Sepedaku tak ada di tempat ku memarkirnya.

Aku pun beralih ke sekre HMIF, lampunya menyala, tetapi pintunya tertutup. Ternyata di dalamnya ada kak DImas. Aku bertanya pada dirinya, namun ia tak melihat apapun. Sekitar maghrib masih ada, katanya. Aku pun menghubungi Damas yang tadi bersama denganku di labdas 3, namun pulang terlebih dahulu, sekitar 19.30. Katanya, pada saat ia turun, sepedaku masih ada. Aku pun menghubungi Nanto yang sebelumnya berada di sekre HMIF. Ia berkata bahwa pada pukul 20.00 sepeda tersebut sudah tidak ada, ia pikir aku sudah pulang.

Aku pun berkeliling kampus, siapa tahu masih ada di sekitar kampus, namun nihil.

ANALISIS

1. Mungkinkah satpam memindahkan sepedaku?

Satpam biasa memindahkan sepeda-sepeda yang diparkir sembarangan. Namun satpam labtek sudah pulang sejak sore, dan satpam Niaga atau CC tidak mungkin berani mengurusi sepeda di labtek. Selain itu, meskipun pintu sekre ditutup, jika satpam ingin memindahkan sepeda, pasti ia bertanya dulu kepada orang yang berada di sekre, siapa pemilik sepeda itu. Jadi kesimpulannya, tidak.

2. Pencuri? Tapi sepedaku dikunci!

Aku sering parkir di sana, bahkan kadang hingga menginap. Jadi mungkin saja ada orang yang sudah mengincar sepedaku dan mempersiapkan pemotong rantai.

Benar lagu Alter Bridge, hal yang kita jaga justru yang pertama direnggut.

“Things we hold are always first to go”
[Alter Bridge – Broken Wings]

SELANJUTNYA?

Aku akan berusaha mencarinya lagi di sekitar kampus, namun kalau tidak ditemukan, ya sudah lah. Aku akan merelakannya, jika memang pencurinya benar-benar membutuhkan. Untuk bayar kuliah, misalnya. Toh dia sudah berusaha, memotong rantai yang mengikat sepedaku (karena tidak mungkin dia selamat keluar kampus kalau menggotong sepeda yang dirantai), tidak mendapatkannya secara gratis, tinggal ambil lalu kayuh.

“Kupasrahkan pada Illahi,
relakanmu untuknya..”
[Ada Band – Senandung Lagu Cinta]

Tapi kalau ‘butuh’nya untuk rokok, narkoba, mabok… Tak akan ku relakan.

Akhir kata, bagi yang menemukan sepeda dengan ciri-ciri diatas, harap menghubungiku segera. Ada reward bagi yang mengembalikan.

11 thoughts on “Sepedaku hilang

  1. rsatrioadi

    @zul
    dirantai, tapi ga ke tiang. ga ada tiang kalee di depan sekre..

    @alam, vannug
    thx kk..

    @desy
    betul juga tuh des.. harusnya jadiin resolusi lagi :D
    menyedihkan.. ga terlalu sebenarnya. cuma lebay aja. hehehe..

    Balas
  2. Ping balik: LyX, sepeda, dan Eeiiisssss « blackfox’s temporary burrow

Tinggalkan Balasan

