Yang penting kita tahu yang mana yang penting

Lama gak blogging… Lagi gak punya topik teknis yang seru. Tapi ketika gw baca-baca lagi post-post di blog ini, ada satu hal yang gw sadari. Sejauh ini, dalam blog ini komentar terbanyak terdapat pada topik cloud computing dan tentang walikota yang aneh. Yang pertama adalah topik teknis, sedangkan yang satu lagi adalah topik yang gw bilang ‘senang-senang’, topik yang gak terlalu penting tapi mengundang tawa dan penasaran.

Jadi secara umum gw simpulkan bahwa topik yang menarik menurut pembaca setia blog ini adalah topik teknis dan topik senang-senang. Padahal di blog ini gak cuma itu aja isinya. Ada topik yang menurut gw lebih penting, yaitu topik manusia, yang umumnya ada di kategori share. Post-post yang dimaksud adalah pelajaran tentang sikap dari seorang gila, sifat manusia yang perusak, dan pelajaran dari sampah. Tapi post-post yang itu minim komentar. Padahal makna dari post itu tak kalah penting dari hal teknis, dan tentu jauh lebih penting dari topik senang-senang. Makna yang terdapat di dalamnya berhubungan dengan manusia, bagaimana sifat manusia sekarang, dan ajakan untuk menjadi manusia yang lebih baik.

Gw sebenarnya gak tau, absennya komentar ini berarti topik tersebut tidak menarik, atau para pembaca membaca dan menghayatinya di dalam hati, tanpa memberi komentar. Gw harap yang kedua yang terjadi. Tapi yang jelas di post ini gw mengajak pembaca untuk lebih peduli dengan topik-topik semacam itu, sebab bagaimana kita mau mengubah dunia, jika kita tidak mau mengubah diri kita sendiri? Bagaimana juga kita bisa mengubah diri kita sendiri, jika kita tidak tahu apa yang salah dalam diri kita? Dan bagaimana kita tahu apa yang salah dalam diri kita, jika kita tidak mencari tahu? Bagaimana kita mencari tahu? Salah satunya dengan membaca dan merenungkan…

Akhir kata, bagi yang belum membaca post-post yang dimaksud, silakan langsung ke TKP (Tempat Kejadian Posting) sesuai link-link yang diberikan di atas.

5 thoughts on “Yang penting kita tahu yang mana yang penting

  1. ZUlfikar

    Hahah, blog saya yang kebanyakan adalam masalah sosial di Indonesia dan pandangan saya mengenai kehidupan sosial juga ga ada komentarnya……. padahal itu bisa jadi pembelajaran buat kita dalam lebih memahami kehidupan ini dengan lbih bijaksana

    Balas
  2. Nass

    Blog bukan tempat kejar komen la. Yang mau komen baru komen.

    Loh Sat topik walikota yang aneh itu bukan tentang manusia ya? manusia yang aneh :D

    Balas
  3. rsatrioadi

    @restya
    jadi males mikir?

    @zul
    mengapa oh mengapa?

    @inas
    emang bukan kejar komen, tapi dari jumlah komen kan melihat antusiasme pasar nas.. kan gw ga minta bwt komen, gw minta dibaca. kalo ada komen kan pasti udah dibaca (iya kah?), sedangkan kalo ga ada komen, gmana? ga pasti juga kan?

    Balas

Tinggalkan Balasan

