Google Translate

Ada yang tidak tahu Google Translate? Jika tidak, wah, sepertinya Anda bukan seorang pengamat dunia IT ya? Anyway, Google Translate adalah software buatan Google Inc yang gunanya adalah menterjemahkan suatu teks (kata, kalimat, paragraf dsb.) atau satu halaman web utuh dari satu bahasa ke bahasa lain. Sudah cukup banyak bahasa yang didukung Google Translate, namun ada yang baru dari Google Translate (setidaknya yang baru saya lihat pagi ini). Apakah itu?

Yap, pagi ini saya melihat bahwa Google Translate sudah mendukung bahasa Indonesia! Sebenarnya saya tidak begitu yakin bahwa penambahan ini adalah hal baru, sebab saya sendiri juga tidak pernah membuka Google Translate beberapa bulan belakangan. Namun, bukan itu inti tulisan ini. Saya ingin melihat seberapa pandai translator buatan Google ini. Dulu belum ada bahasa Indonesia, dan saya kurang fasih berbahasa Spanyol atau Portugis, jadi saya tidak kompeten untuk mengecek kebenarannya. Tapi karena saat ini ada bahasa Indonesia, saya bisa melihat bahwa automated translator tidak akan bisa sesempurna penterjemah manusia.

Untuk perbandingan, saya translate blog saya ini dengan bantuan Google Translate. Karena pada blog saya terdapat tulisan dalam bahasa Indonesia maupun Inggris, jadi saya rasa blog saya adalah halaman yang tepat untuk pengujian. Hasilnya? Silakan baca sendiri hasil translate blog ini dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris dan bahasa Inggris ke bahasa Indonesia dan bandingkan dengan tulisan aslinya. Bagaimana komentar Anda?

Pada tulisan ini saya sama sekali tidak berniat menjelek-jelekkan Google Translate ataupun perangkat bantu penterjemahan lain (dari Indonesia sendiri yang saya tahu ada TransTool dan Rekso Translator). Sebenarnya saya sendiri tidak terlalu paham maksud saya menulis hal ini, tetapi menarik bukan? Mungkin saya hanya ingin mengatakan bahwa ciptaan tidak akan bisa menjadi lebih baik dari penciptanya. Bagaimana teknologi informasi telah berkembang, dari mesin Von Neumann hingga smart card, namun manusia tetap tidak pernah puas dan mesin tidak pernah menjadi sempurna.

Mungkin kalimat terakhir pada paragraf di atas menimbulkan satu pertanyaan lagi (setidaknya bagi saya): mungkinkah akan terjadi hal-hal yang terjadi di film fiksi ilmiah, bahwa mesin mengambil alih dunia dan memperbudak manusia?

3 thoughts on “Google Translate

  1. rsatrioadi

    haha.. oiya, ada satu fitur google translate yang membuat dia unggul dari translator lain. Pengguna bisa men-suggest pada google terjemahan yang tepat untuk suatu kalimat.

    Balas

Tinggalkan Balasan

