ZUI

GUI (Graphical User Interface) merupakan sebuah konsep yang memungkinkan interaksi antara komputer dan pengguna secara grafis. Seperti yang terdapat dalam sistem operasi pada umumnya (Windows, Linux dengan X Window, Mac), GUI yang biasa digunakan berbentuk WIMP (Windows, Icons, Menus, Pointer), di mana terdapat window atau jendela untuk setiap program yang berjalan, icon yang melambangkan file, menu pada program, dan adanya sebuah pointer mouse yang digunakan untuk navigasi. Apabila dokumen yang dibuka pada sebuah window memiliki ukuran lebih besar daripada window tersebut, maka hanya sebagian dari dokumen yang tampak, disertai adanya scrollbar untuk menggeser tampilan ke bagian lain dari dokumen.

WIMP sangat umum digunakan pada kebanyakan sistem, sehingga banyak orang yang menganggap bahwa GUI adalah WIMP. Padahal, masih ada bentuk lain GUI selain WIMP, salah satunya adalah ZUI (Zoomable User Interface atau Zooming User Interface). ZUI merupakan inovasi GUI yang dimulai pada suatu proyek bernama Pad++ yang dirintis oleh Ken Perlin, Jim Hollan, dan Ben Bederson di New York University. Namun, ZUI mungkin saja sudah mati jika tidak ada Jef Raskin (alm) dengan proyeknya, Archy. Pada konsep ZUI, tidak ada window. Yang terdapat pada layar adalah sebuah permukaan 2 dimensi yang tak terbatas, dengan objek-objek seperti dokumen, gambar dan sebagainya terletak di atas permukaan tersebut. Pengguna dapat menggeser-geser permukaan ini (atas-bawah maupun kiri-kanan) dan memperbesar (zoom in) pada suatu objek untuk melihat atau meng-edit objek tersebut atau memperkecil (zoom out) untuk berpindah ke objek lain.

Hmm… Memang sulit diungkapkan dengan kata-kata. Silahkan lihat ilustrasi ini:

Ilustrasi konsep ZUI

Demonstrasi konsep ZUI dapat dilihat di sini, sedangkan contoh implementasi ZUI antara lain terdapat pada Apple iPhone, Google Maps, Google Earth, dan Microsoft Photosynth dengan engine Seadragon.

Beberapa ahli di bidang sains komputer menganggap ZUI akan menggantikan WIMP, sebagai sebuah konsep GUI yang realistis dan fleksibel. Namun sayangnya hanya sedikit orang yang mengembangkan ZUI, sementara WIMP yang sudah familiar bagi kebanyakan pengguna komputer terus berkembang.

Iklan

4 thoughts on “ZUI

  1. rsatrioadi

    @isa
    mau dong iPod touch.. beliin..
    .
    @tommy
    thx.. senang mengetahui tulisan gw berguna
    .
    @zul
    hm.. belum ada yang ngembangin buat jadi shell sih, paling buat software2 kaya photosynth-nya microsoft itu. buat shell masih kenceng WIMP.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s