Apresiasi seni

Satu tahun terakhir, gw menemukan jalan seni gw. Dulu, emang sih suka gambar. Suka main musik. Tapi masih ngasal-ngasal, tanpa genre yang jelas. Akhirnya, sekitar tahun lalu, gw menemukan genre yang cocok buat gw. Kalo dari sisi seni gambar, gw telah menemukan bahwa posisi gw adalah surrealism. That is, gw mengagumi karya-karya Salvador Dali dan Rob Gonsalves. Sedangkan di musik, gw mulai tergila-gila sama rock, khususnya alternative rock. Yang gw dengerin mostly Alter Bridge, Creed, Lifehouse, 3 Doors Down, Coldplay.

Begitu juga dengan karya-karya gw. Biarpun karya gw di bidang musik dapat dikatakan loyo (banyak lirik, cuma satu yang bener-bener jadi lagu. Itu pun cupu), karya gw di bidang gambar sudah buanyaaakk, bisa di lihat di sini, yang surreal di sini.

Tidak jarang, ketika gw menggambar (yang kebanyakan gw lakukan pada saat kuliah), teman-teman gw bertanya, apa makna dari gambar itu. Selain itu, gw sendiri juga sering mempertanyakan makna dari suatu karya seni, baik gambar, lukisan, patung, tapi yang paling sering itu lirik lagu. Jelas, ketika seorang seniman membuat suatu karya, ia menuangkan makna ke dalam karya tersebut. Justru makna itulah yang membuat karya seni menjadi mahal, bukan karena keindahannya ketika dikecap oleh kelima indra tubuh kita semata. Mungkin beberapa orang menyebut makna tersebut sebagai jiwa atau soul dari karya seni. Maka, gw pun selalu berusaha mencari makna yang dituangkan oleh penulis dari lirik lagu yang gw dengar.

Namun, seorang musisi berkata lain. Gw lupa musisi mana yang bilang begini, tapi kata-katanya indah sekali. Dan menurut gw juga berlaku untuk semua karya seni. Setelah gw generalisasi untuk semua bentuk karya seni, kata-katanya menjadi demikian:

“Mencari makna yang dimaksudkan oleh sang seniman mengenai karya seni yang dibuatnya merupakan suatu hal yang baik, tetapi yang lebih penting adalah mencari makna dari karya seni tersebut menurut pandanganmu sendiri.”

Iya, jadi intinya yang lebih penting adalah makna yang Anda temukan sendiri, bukan yang dimaksudkan oleh sang seniman. Karena (misalnya pada lagu) jika Anda menemukan makna lagu tersebut menurut pandangan Anda sendiri, lagu itu menjadi milik Anda, bukan hanya milik sang penulis lagu. Dan itu membuat lagu tersebut semakin mahal bagi diri Anda.

Supaya makna yang Anda tangkap tidak terbawa arus, sebelum Anda menangkap makna karya seni tersebut secara pribadi, jangan dulu mencari makna menurut sang seniman.

Begitulah…

Jadi sebenarnya selain sharing,  salah satu tujuan gw menulis hal ini adalah sebagai excuse untuk tidak menjawab pertanyaan Anda mengenai makna dari gambar-gambar gw :D

Soalnya menjawab pertanyaan yang sama berkali-kali itu membosankan.

6 thoughts on “Apresiasi seni

  1. rsatrioadi

    @HarBag
    .
    SI juga! Merasa suram akan tugas2…
    Percayalah bahwa ke dalam setiap gambar gw tuangkan makna yg dalam.
    Tapi…
    .
    “Mencari makna yang dimaksudkan oleh sang seniman mengenai karya seni yang dibuatnya merupakan suatu hal yang baik, tetapi yang lebih penting adalah mencari makna dari karya seni tersebut menurut pandanganmu sendiri.”
    .
    hahahahahaHA!

    Balas
  2. Ping balik: blackfox’s burrow » Blog Archive » The Music Is On

Tinggalkan Balasan

