Another decision to make… [part one]

Hidup ini sarat dengan pilihan. Dari yang sederhana, “besok pake baju yang biru atau yang hitam ya?” sampai yang dapat mempengaruhi masa depan secara besar-besaran, baik pribadi (“Hmm… Kuliah di ITB atau yang lain ya?”) maupun komunal (misalnya keputusan presiden).

Akhir-akhir ini tampaknya Yang Menciptakan Saya sedang melatih saya membuat keputusan. Tiba-tiba saja sejak akhir semester lalu, banyak sekali keputusan penting yang harus saya buat. Sebagian hanya menyangkut diri saya sendiri, sebagian menyangkut orang banyak.

Yang pertama, mahasiswa Teknik Informatika semester IV punya kesempatan untuk daftar jadi asisten lab. Gak akan saya jelasin semua lab satu per satu, cukup yang waktu itu menarik hati saya: lab Sister (SIStem TERsebar (atau TERdistribusi)) dan lab IRK (Ilmu dan Rekayasa Komputasi). Kedua lab ini pun tidak akan saya jelaskan secara detail, sebab jika Anda adalah mahasiswa Teknik Informatika tentunya mengenal kedua lab ini, sedangkan jika Anda bukan mahasiswa Teknik Informatika saya akan kesulitan menemukan kata-kata yang tepat untuk menjelaskannya pada Anda. Sebagai gambaran singkat saja, mata kuliah lab Sister antara lain Organisasi dan Arsitektur Komputer (yang telah diakuisisi oleh prodi sebelah), Sistem Operasi, Jaringan Komputer, dan Sistem Tersebar, sedangkan di lab IRK antara lain ada Matematika Diskrit (yang sekarang berubah menjadi Struktur Diskrit), Logika Informatika, Strategi Algoritmik/ma, Otomata dan Teori Bahasa Formal, dan Kriptografi.

Lab IRK pada waktu itu menarik minat saya untuk senang-senang. Sebagai mantan anak TOKI, saya senang dengan hal-hal yang menggelitik logika seperti di lab IRK. Namun, sebenarnya cita-cita saya di masa mendatang sangat berhubungan dengan lab SisTer, yaitu sistem operasi. Setelah lama berpikir dan berdiskusi dengan beberapa teman, akhirnya saya memutuskan bahwa di usia saya (yang pada saat itu masih 19 tahun) ini saya harus mulai merumuskan masa depan saya. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk mendaftar pada lab SisTer, bukan lab IRK yang, seperti sudah saya jelaskan tadi, menarik minat saya untuk senang-senang.

Dengan keputusan ini, saya menyadari bahwa ketika memasuki lab SisTer nanti,  saya perlu belajar lebih keras karena bidang-bidang di dalamnya relatif baru bagi saya, tidak seperti di lab IRK di mana saya telah mendapat dasar yang (cukup) kuat, thanks to Pelatnas TOKI. Dan benar saja, saya pun akhirnya diterima menjadi asisten lab SisTer bersama Dody, Fiqri dan Samuel Simon. Baru minggu pertama, sudah ditunjuk jadi pembicara perdana untuk knowledge sharing… Tapi bagus juga sih, memotivasi saya yang pemalas ini.

Kemudian selanjutnya saya membuat dua keputusan penting yang masih berhubungan dengan yang di atas: saya telah memutuskan untuk memprioritaskan lab SisTer di atas aktivitas saya di HMIF,  yang telah saya letakkan di atas Unit yang saya ikuti, Quizumba Capoeira. Selain itu, saya juga telah memutuskan bahwa tugas akhir saya akan mengambil topik sistem operasi, kemungkinan besar mengenai file system.

Tapi, karena postingan ini sudah cukup panjang (sudah bertekad untuk tidak menulis blog yang terlalu panjang agar tidak membosankan), maka mengenai kedua keputusan di atas, juga keputusan-keputusan lain, akan dibahas di postingan selanjutnya.

Saya tutup dengan tag line seperti biasa,

VISIT INDONESIA YEAR 2008!!!

P.S.: Siapa sih yang menggagas istilah “postingan” ? Istilah yang aneh…

4 thoughts on “Another decision to make… [part one]

  1. puthutp

    yah gw juga lagi nyari istilah dalam bahasa Indonesia yang sepadan dengan postingan, tapi belum nemu…

    masa posan sih?

    kalo ketemu bilang-bilang yah…

    P.S.: ini kok gw malah ngomentarin tambahannya yah?

    Balas
  2. rsatrioadi

    @puthut
    iya nih… kok malah ngomentarin tambahannya?
    P.S.: ini gw malah ngomentarin komentar tambahan dari komentar yang ngomentarin tambahan dari postingan gw. ngomong apa sih gw?? tuh kan, keluar lagi istilah ‘postingan’… hayo, yang merasa pencipta istilah ‘postingan’, ngaku!!!!

    Balas
  3. rsatrioadi

    @ade
    database itu punya lab sendiri, namanya lab basis data. kalo sister itu antara lain jaringan komputer, arsitektur komputer, sistem operasi… sederhananya kami berkutat di level bahasa C dan assembly. mostly tentang jaringan sih, namanya aja sistem terdistribusi.

    Balas

Tinggalkan Balasan

