Hukum kelembaman

Benda diam akan tetap diam dan benda bergerak akan tetap bergerak dengan kecepatan tetap jika tidak ada gaya dari luar yang mempengaruhi benda tersebut.

Kurang ingat persisnya, tapi kurang lebih itulah hukum kelembaman yang saya ingat dari pelajaran fisika ketika masih duduk di bangku sekolah dulu. Menariknya, hukum ini juga berlaku pada manusia. Bukan berarti manusia yang diam atau bergerak konstan secara fisik (meskipun juga berlaku demikian), namun lebih kepada sifat dan rutinitas manusia. Contoh nyatanya adalah saya sendiri.

Lebih dari dua tahun yang lalu, sejak pertama kali menyandang predikat mahasiswa ITB, saya menyibukkan diri dengan setidaknya dua kegiatan: kuliah dan Unit Capoeira ITB atau UCI (kini Unit Capoeira Quizumba ITB atau UCQI). Di UCI saya bahkan diberi kepercayaan sebagai ketua angkatan. Kuliah masa TPB dulu terpencar-pencar: Oktagon, TVST, GKU Barat, GKU Timur, dan Labtek V. Latihan Capoeira di Lapangan Parkir Timur ITB dan GKU Timur. Nah dari penjelasan itu dapat dikatakan saya bergerak dengan kecepatan tetap – secara fisik (berpindah-pindah lokasi) maupun secara domain kegiatan (kuliah dan unit) – dan saya merasa sangat nyaman melakukannya.

Sekitar satu tahun yang lalu, setelah berada di Program Studi Teknik Informatika, ada tiga gaya dari luar yang memaksa saya. Yang pertama adalah lokasi kuliah yang tidak lagi bervariasi – hanya di Labtek V dan sesekali di GKU Timur, yang kedua adalah beban tugas besar yang selalu mendorong saya untuk bekerja kelompok di lab ataupun sekre HMIF – keduanya di Labtek V, dan gaya yang ketiga adalah kepercayaan sebagai anggota DPP HMIF yang menyibukkan saya dengan rapat-rapat yang seluruhnya berlangsung di Labtek V. Karena terbiasa bergerak dengan kecepatan tetap, awalnya saya merasa tidak nyaman melakukannya. Tidak mau “dipaksa diam”, saya sesekali masih mengikuti latihan Capoeira.

Sejak semester berikutnya, saya sudah mulai terbiasa menjadi “benda diam” yang pergaulannya hanya seputar Labtek V dan kalaupun hang out di luar kampus tetap bersama dengan orang-orang Labtek V (baca: anak-anak informatika). Tanpa adanya gaya dari luar, saya pun kini justru merasa tidak nyaman untuk beralih dari Labtek V untuk sekedar latihan Capoeira di GKU Timur. Akhirnya, dengan berat hati saya melepaskan UCQI. Domain kegiatan saya sekarang berfokus pada (sesuai prioritas) kuliah, lab Sister, dan HMIF.

Demikian kisah seorang manusia yang hidupnya tidak luput dari hukum fisika.

About these ads

5 gagasan untuk “Hukum kelembaman

  1. rsatrioadi Penulis

    @harbag
    ga boleh bag, klo di Quizumba yg boleh ngajar itu minimal corda biru. gw baru kuning, dengan urutan sbb:
    raw
    raw-kuning
    kuning
    kuning-orange
    orange
    orange-biru
    biru
    biru-hijau
    hijau dst… sampe merah (masih jauh)

    @puthut
    ampas :))

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s